Pengikut Google+

Saturday, September 10, 2016

Ochuugen, Tradisi Pemberian Hadiah Tulus di Pertengahan Tahun



Hadiah Ochuugen
Cr: Anibee.tv

Minasan, apakah pernah mendengar tentang Ochuugen? Oh? Pernah? Tradisi memberikan hadiah kepada atasan ketika pertengahan tahun? Apakah hanya itu?

Ehem..kali ini saya akan menjelaskan header artikel di atas. Seperti yang minasan tahu, tujuan memberikan hadiah selama musim ini adalah mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada orang-orang yang telah merawat kita seperti orang tua, saudara, kerabat, mertua, teman dekat, atasan, rekan kerja, klien, guru, atau pelatih dengan tujuan untuk kesejahteraan mereka.

Ochuugen sebenarnya berasal dari ritual Taoisme di Cina, untuk merayakan ulang tahun cucu Raja Naga, yaitu Raja yang mengatur Jougen, Chuugen, dan Kagen yang berlangsung pada tanggal 15 Januari, tanggal 15 Juli, dan tanggal 15 Oktober. Chuugen dijadikan sebagai hari bagi manusia untuk bertobat dari dosa-­dosa mereka, dimana kebakaran terus menyala sepanjang hari guna menghormati para dewa. Kemudian, saat tersebut berubah menjadi hari untuk mencari pengampunan atas dosa­dosa orang yang telah meninggal. Meskipun dalam Buddhisme, bahwa Chuugen adalah hari ketika orang-orang berdoa kepada roh nenek moyang, perkembangan secara bertahap adat Taoisme dan Buddhisme menjadi ritual Obon di Jepang lantas menyebabkan pula perkembangan kebiasaan memberikan hadiah selama Ochuugen.

Umumnya, makanan dan minuman adalah pilihan yang lebih disukai untuk Ochuugen. Karena panas selama musim ini, barang­barang yang dapat membawa pendinginan tangguh dari panas antara lain bir, makanan ringan dingin dan makanan seperti daging dan buah­-buahan yang merupakan sumber baik untuk membangun stamina adalah pilihan teratas.

Nah sampai di sini minasan sudah paham belum? Dari uraian di atas, sejarah dan jenis barang yang akan dihadiahkan memang patut diperhatikan, tetapi yang ini juga tak kalah penting, yaitu minasan perlu  memastikan bahwa penerima kado akan mendapatkan hadiah selama periode Ochuugen tertentu berdasarkan tempat tinggal mereka. Di Jepang, ada dua musim utama pemberian hadiah, yaitu Ochuugen dan Oseibo, yang masing-masing berlangsung di tengah dan akhir tahun. Tergantung pada daerahnya, tanggal pasti untuk itu mungkin sedikit berbeda. Wilayah Jepang Timur termasuk Kanto, musim Ochuugen dimulai antara awal Juli sampai 15 Juli. Di sisi lain, wilayah Jepang Barat termasuk Kansai dimulai dari akhir Juli hingga 15 Agustus. Di celotehan kali ini, saya mengutip berita yang berkaitan dengan Ochuugen di wilayah Jepang Barat.

Pemenang lelang Melon Yubari berfoto bersama Walikota Hokkaido
Cr: halojepang.com

Berdasarkan potret di atas, Walikota Hokkaido Naomichi Suzuki (kanan) memegang melon Yubari atau Yubari King bersama Konishi Takamaru, pembeli di supermarket Amagasaki, Jepang Barat yang memenangkan lelang melon Yubari pada akhir Mei 2016. Sepasang melon pada lelang itu laku ¥3 juta atau setara dengan Rp 360 juta. Harga tersebut memecahkan rekor sebelumnya yaitu ¥2,5 juta (2008). Melon Yubari adalah buah melon produksi greenhouse Yubari di Hokkaido, kota kecil di dekat Sapporo. Melon ini hasil persilangan antara melon Earl’s Favourite dan Burpee’s Cantaloupe. Orang Jepang menggunakan melon Yubari sebagai hadiah pada perayaan Ochuugen yang jatuh pada hari ke-15 pada bulan ketujuh penanggalan Jepang.

Wow...termasuk harga yang fantastis yah. Apakah minasan ingin mencobanya juga? Hehe...^^

Semoga bermanfaat! :D

Sumber:
Anibee
HaloJepang! Edisi Juni 2016/IV

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More