Pengikut Google+

Thursday, June 25, 2015

Arubaito: Pekerjaan Sambilan yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Kuliah

Siapa bilang tidak bisa bekerja sambil kuliah? Aku bilang bisa. Bisa pakai banget. Bahkan di Jepang, bekerja sambilan (Arubaito) merupakan hal biasa dilakukan oleh mahasiswa di negeri Sakura itu. Kerja sambilan itu bisa dari jaga toko baju, pelayan kedai teh atau kopi, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Jadi tidak perlu gengsi. Keuntungan bagi mahasiswa yang nyambi bekerja tentu saja ada. Antara lain adalah bisa menambah pengalaman dan juga nambah uang jajan. Berikut ini pekerjaan dan pengalaman yang bisa dilakukan dan didapatkan sembari kuliah. Semoga pekerjaan ini bisa menjadi pilihan kamu untuk arubaito, bekerja sambilan sembari kuliah ya!

1. Guru Ekstra Kurikuler di Sekolah

Pekerjaan Sambilan
Aku Bersama Murid-murid Klub Jurnalistik 2014 SMP Islam Hidyatullah Semarang
Ini dia salah satu kerja sambilan yang menarik. Kerja sambilan ini berkaitan dengan kegiatan tambahan apa yang akan kamu geluti di kampus. Kegiatan tambahan yang kamu tekuni sembari kuliah akan menambah soft skill kamu dan juga bisa mengasah minat dan bakat kamu. Kalau bakat dan minat sudah terasah, maka kemampuan ini (walaupun tujuannya bukan semata-mata mencari uang) bisa jadi bekal kamu untuk kerja sambilan. Tidak hanya itu, bagi kamu jurusan pendidikan, menjadi guru Ekskul bisa menjadi tempat asyik menempa diri praktek menjadi guru di depan kelas dan bagaimana menjadi guru yang baik (fasilitator murid).

Pekerjaan Sambilan kuliah
Klub Jurnalistik 2010
Salah satu cara untuk mengasah bakat dan minat kamu adalah menjadi pegiat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus. Setiap perguruan tinggi mempunyai tempat kegiatan semacam ini. Contoh saja di Universitas Negeri Semarang (Unnes), kurang lebih ada 53 UKM. Banyak bukan?  Kamu tinggal pilih pekerjaan sambilan apa saja yang cocok dengan minat dan bakat kamu. Seperti kamu yang suka nulis dan kritis ingin jadi jurnalis, bisa ikut UKM Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M), atau kamu yang suka penelitian juga bisa ikut UKM Penelitian.

Pekerjaan Sambilan Kuliah
Aku dan Murid-murid Klub Jurnalistik 2013
Kamu yang suka dengan dunia petualangan alam dengan misi menjadi penyelamat bumi dari monster (eh kalau yang ini Ultraman kali ya), maksudku penyelamat bumi dari semakin banyaknya perusakan alam. Kalau kamu tertarik dengan hal itu, kamu bisa ikut UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala). Suka buat robot seperti Tadashi dan Hiro dalam film Big Hero, bisa bergabung dengan UKM Robotika. Atau kamu pilih mengikuti UKM Kesenian Jawa, sastra, teater, atau juga olah raga dan masih banyak UKM lainnya.

Nah, setelah kamu menjadi pegiat UKM dan mendapatkan ilmu di sana, selain kamu juga menularkan ilmu yang kamu dapat kepada adik tingkat di UKM, kamu juga bisa bekerja sambilan memanfaatkan ilmu yang sudah kamu dapat tadi. Kamu bisa jadi guru Ekstra Kurikuler di sekolah. Kamu bisa jadi guru Ekskul Jurnalistik misalnya. Juga bisa jadi guru Ekskul Robotik, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Siswa Pecinta Alam (Sispala), Palang Merah Remaja (PMR), Ekskul Olah Raga, dan masih banyak Ekskul lainnya. Selamat bergabung di UKM, dan meraih ilmunya!

2. Guru Jam Tambahan Anak Sekolah di Rumah

Pekerjaan sambilan kuliah
Ai san (temanku dari Jepang) Isamu kun, Takeshi kun, dan aku
Kalau kamu masih ingat pelajaran waktu SD, SMP, atau bahkan SMA, kamu bisa coba kerja sambilan yang satu ini. Kerja sambilan menjadi guru jam tambahan anak sekolah (les privat) ini sering dilakukan oleh mahasiswa. Salah satunya teman satu kosku. Menurutnya, selain mudah mengatur jam pertemuan karena bisa dilakukan sore atau malam hari, pekerjaan sambilan ini juga tidak banyak menuntut banyak persyaratan. Pesyaratannya antara lain: Punya motor (persyaratan ini tergantung jarak dari  kos ke rumah anak yang akan diberi jam tambahan. Namun, kalau bisa dijangkau dengan berjalan kaki tidak jadi masalah).

Kemudian persyaratan selanjutnya adalah suka mendidik bukan hanya mengajar, karena saat menjadi guru jam tambahan, menguasai pelajaran memang penting, namun yang penting lagi bagaimana memberikan motivasi anak agar mau belajar. Syarat yang terakhir adalah suka bermain dan suka anak-anak (khusus bagi yang mau mencoba jadi guru jam tambahan untuk anak SD). Pasalnya, akan banyak waktu bermain dari pada belajar, karena seperti yang aku ungkapkan tadi, mereka butuh motivasi belajar dan suasana belajar yang menyenangkan (bukan menegangkan).

Kerja sambilan menjadi guru jam tambahan di rumah anak sekolah juga pernah aku lakukan. Aku terima tawaran pekerjaan sambilan itu dari teman satu organisasiku (catat: jaringan pertemanan juga penting untuk menambah wawasan dan informasi lowongan kerja). Pada saat itu, bukan menjadi guru jam tambahan mata pelajaran seperti Matematika, Akutansi atau pelajaran menghitung lainnya (kalau ini aku menyerah, karena aku lemah akan angka-tapi sejujurnya dulu memang tidak serius belajar hitung-menghitung, rumus-merumus. Kalau merumus cintaku padamu itu sih.... ehem.... #ingatjomblo). Aku pernah jadi guru jam tambahan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk dua anak SD bernama Isamu dan Takeshi. Mereka berdua merupakan anak  keturunan Indonesia-Jepang. Bagi kamu yang suka anak-anak, pasti senang sekali, karena mereka lucu-lucu dan tekun belajar lho! (tidak seperti aku yang kuliah saja belum lulus-lulus hehe doakan ya semoga lancar aamiin insyaallah)

Ohya, info lowongan guru jam tambahan biasanya dapat ditemukan di Mading kampus. Kalau tidak mau ikut lembaga orang lain, kamu juga bisa buat lembaga les privat sendiri.

3. Pengambil Data Lapangan (Surveyor) Perusahaan Media atau Penelitian Dosen
ihealthtran.com
Mengetuk pintu dari rumah ke rumah atau dari tempat Usaha Kecil Menengah (UKM) satu ke UKM yang lain. Kemudian mengajukan pertanyaan, dan juga mengisi borang adalah pekerjaan sambilan menjadi pengambil data lapangan atau surveyor.

Aku pernah menjadi pengumpul data untuk sebuah perusahaan media cetak Kompas. Pada saat itu, data yang diminta oleh perusahaan adalah tanggapan masyarakat tentang media seperti apa yang dibutuhkan saat ini. Saat mengambil data di lapangan, tidak hanya harus berani panas, dan berani bertemu dengan orang baru, namun aku juga harus berani ditolak oleh warga. Pasalnya, tidak semua warga terbuka dengan orang asing. Meski membawa surat dan identitas lengkap dari Kompas, aku dikira mau meminta sumbangan (fiyuuh...#ngelapjidat). Tapi tidak semua warga Indonesia begitu, ada juga yang berbaik hati, memberikan segelas minuman untukku.

Selain pernah menjadi pengambil data lapangan untuk perusahaan media, aku juga pernah mengambil data lapangan untuk dosen Universitas Indonesia. Pada saat itu, seorang dosen FE UI yang sedang menyelesaikan belajar S3 di luar negeri membutuhkan data mengenai usaha kecil menengah. Dan tidak jauh beda seperti pengalaman kerja sambilan di perusahaan media cetak, perlu keberanian. Berani panas, berani malu, berani mencoba (mencoba bertanya kepada calon responden apakah mau menjadi responden untuk penelitian itu).

Pekerjaan sambilan ini aku dapatkan dari sahabat (lagi-lagi dari sahabat). Pokoknya, rahasia silaturahmi memang benar. Percayalah, silaturahmi membawa rejeki.

4. Penulis Lepas

Pekerjaan Sambilan Kuliah
ciricara.com
Seperti yang aku sampaikan di awal, pekerjaan sambilan yang aku sampaikan pada celoteh kali ini merupakan pekerjaan sambilan yang pernah aku lakukan (beberapa masih aku lakukan sampai sekarang). Menjadi penulis lepas misalnya, aku menulis artikel tips kesehatan untuk dimuat disebuah laman milik suami dari dosenku. Tidak hanya menulis lepas untuk beliau, aku juga pernah dimintai tolong untuk menulis artikel oleh sahabat satu organisasiku yang memang jadi penulis lepas.

Pekerjaan sambilan ini bisa dilakukan kapan saja, jika sedang suntuk mengerjakan tugas kuliah misalnya. Ya, hitung-hitung memanfaatkan netbook atau laptop buat cari uang jajan. Sebaiknya, pilihlah tema artikel yang sesuai dengan minat  dan juga bermanfaat, agar tidak kesulitan dan menikmati ketika menulis.

Ohya, tidak hanya menulis untuk laman orang lain. Aku juga pernah menulis buku dan reporter di sebuah media (meski hanya sebentar). Ya, hitung-hitung belajar nulis tapi dapat uang. hehe Selamat mencoba!

5. Pengawas Kegiatan Olah Nyali (Outbound)


Pkerjaan sambilan kuliah
Tim Ra`gentar Outbound
Pekerjaan seperti ini aku suka. Aku yang pernah berkiprah di devisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) organisasi di kampus, sangat senang dengan pekerjaan ini. Aku belajar bagaimana mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan outbound. Ini menyenangkan, bisa olah raga (karena bekerja di lapangan), aku juga bisa berwisata gratis (karena dilakukan di tempat wisata). Jadi pilihlah pekerjaan sambilan yang menyenangkan, tidak terasa beban. :)

6. Pelayan Toko

Pekrjaan sambilan kuliah
masjumat.com
Bekerja sambilan menjadi pelayan toko, merupakan pengalaman yang berharga bagi kamu yang bercita-cita ingin buka usaha. Karena, pengalaman yang kamu dapatkan adalah seputar bagaimana mengelola usaha, seperti mengelola tampilan tempat usaha, promosi, memberikan harga, dsb. Tidak hanya tahu bagaimana mengelola usaha, kamu juga belajar sikap berhadapan dengan orang-orang baru. Sikap yang ditunjukan bos (si empunya usaha) padamu, membuatmu tahu bagaimana bersikap yang baik dengan orang yang menjadi karyawanmu kelak ketika kamu membuka usaha juga.

Hal ini aku kira seperti orang jaman dahulu yang aku dengar cerita-cerita dari bapak dulu. Bapakku yang notabene seorang wiraswasta juga pernah bekerja dengan orang lain. Menurut beliau, kala muda saat itu, bukan gaji yang lebih penting, tapi bagaimana orang bekerja menjadi karyawan orang lain, beliau bisa belajar dan mendapat pengalaman baru. Lalu kemudian, jika sudah memberikan kemampuan terbaik, maka beliau merasa puas dan baginya gaji adalah bonus atas apa yang dilakukannya dan pengalaman adalah hal terbaik yang bisa beliau dapatkan.

7. Pemasar Dagangan (Sales Marketing)
fotodpbbm.blogspot.com
Percayalah aku pernah keliling kelurahan satu ke kelurahan yang lain untuk menawarkan barang. Kala itu, aku memasarkan buku anak-anak (khususnya yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak). Aku memasarkan buku tersebut ke beberapa TK yang sudah diberitahu (diberi daftar nama TK) oleh Bos. Hal inilah yang aku lakukan ketika bekerja sambilan menjadi pemasaran barang dagangan orang (sales marketing).

Pengalaman bekerja sambilan menjadi sales marketing perlu tangguh dan berani mengambil resiko. Sebab, lelah juga menjadi pemasar barang dagangan (sales marketing) ya? Tidak hanya lelah, aku juga harus dihadapakan dengan penolakan berkali-kali dari guru TK yang aku tawari buku. Oleh karena itu, sales marketing perlu tangguh dan mempunyai kecakapan komunikasi yang baik. Sekali lagi, selamat mencoba!

8. Penjual Ta`jil ketika Ramadhan

pekerjaan sambilan kuliah
Jual Ta`jil ketika Ramadhan yang lalu
Masak memasak aku bisa (tapi bukan jagonya). Kalau masak yang sederhana, untuk saat ini bisa dipertanggungjawabkan lah. Salah satunya membuat kolak. Kemampuanku membuat kolak dan es buah, aku manfaatkan untuk bekerja sambilan usaha dagang kolak untuk berbuka puasa. Tehitung dua kali Ramadhan tahun belakangan, aku dan saudara kembarku (aku mempunyai saudara kembar lho) membuat dan menjual kolak di area Simpang Tujuh Unnes. Senang rasanya, tidak hanya kami, tapi juga ada mahasiswa dan mahasiswi lain ikut berjualan.

Tidak usah gengsi bin malu. Kata orang tua, pengalaman mahal harganya. Karena, banyak pengalaman yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja sambilan ini. Misalnya, pengalaman belajar manajemen waktu, manajemen uang, sumber daya manusia, dan juga belajar bagaimana memasarkan sesuatu karya. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang mempunyai impian membuat usaha yang lebih besar. Kalau kamu ingin jadi wirasawasta, memulai hal kecil yang kamu bisa dan kamu suka bisa menjadi langkah awal menuju cita-cita tersebut. Jadi, mau coba? Kira-kira Ramadhan kali ini kamu mau jualan apa?

9. Pelayan Katering pada Acara Pesta Pernikahan

pekerjaan sambilan kuliah
gebyarpernikahanindonesia.com
Pernikahan. Salah satu kata yang aku suka. (hehe #maklumjomblo) Pekerjaan sambilan yang satu ini bersinggungan langsung dengan acara penikahan. Mau tahu pengalaman apa yang aku dapatkan? Pengalamanku adalah, selain selalu dada ini berdesir melihat indahnya pelaminan (hehe sekali lagi maklum jomblo), aku jadi tahu bahwa menjadi pelayan katering butuh tenaga lebih. Ya, karena aku dan tim harus siaga melayani tamu undangan. Hal yang aku lakukan adalah meracik sampai menyuguhkan makanan dilakukan dengan berdiri. Pekerjaan sambilan ini cocok bagi kamu yang ingin tahu bagaimana manajemen usaha katering. Lagi-lagi selamat mencoba ya!

Itu tadi adalah pekerjaan sambilan yang pernah aku lakukan (dan ada yang masih aku lakukan sampai sekarang). Informasi pekerjaan sambilan kadang bisa didapatkan di Mading-mading kampu atau pusat informasi lainnya. Namun, juga perlu dipastikan tawaran pekerjaan sambilan itu benar-benar ada, bukan penipuan (pastikan siapa dan alamat pemberi tawaran pekerjaan yang tercantum dalam brosur).

Kalau aku, pekerjaan-pekerjaan sambilan yang aku bagi di atas, lakukan selama ini datang menghampiri. Sahabat dan teman yang tahu sikap kita, kebiasaan kita, kemampuan kita, akan datang sendiri memberi tawaran pekerjaan. Itulah luar biasa rahasia silaturahmi, rejeki datang sendiri. Selamat belajar, selamat mencoba, anak muda! Terima kasih pada saudara, guru, sahabat, teman, dan siapa saja yang telah memberiku kesempatan untuk mencicipi pengalaman yang sangat berharga ini. Semoga rejeki diberkahi Illahi. Aamiin insyaallah Salam silaturahmi. Lalu, menurut kamu, pekerjaan sambilan apa lagi yang bisa kamu bagi di sini? ^_^




4 comments:

Semoga bermanfaat.... Pasti selain pekerjaan sambilan yang aku sebutkan, masih banyak pekerjaan sambilan lainnya ya?

Bisa ditambahkan bekerja sebagai seorang freelancer online di bidang apapun seperti desainer, penulis, ataupun seorang penginput data. Sebagaimana yang ada di situs freelancer.com ataupun sribulancer.com

Iya, tuh ide bagus... :) Sesuai bakat dan minat, pasti tidak jadi beban.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More