Monday, October 12, 2015

Menemukan Makanan Halal di Jepang? Mudah Kok

“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al Mu’minuuun 23:51)

Berdasarkan dalil di atas, tidak hanya rasul, pemeluk agama Islam juga harus melaksanakan kewajiban agama atau dalam bahasa Jepang disebut “Shuukyou tekina gimu” (宗教的な義務). Karenanya di manapun kita berada, sedang bertamasya atau melanjutkan pendidikan, kita harus memperhatikan betul kejelasan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Sebab output itu tergantung pada input. Tapi jangan khawatir, jika sedang berada di Jepang dan ingin memuaskan perut dan lidah, aku akan share info tempat makanan halal di Jepang.^^

1. Hanasakaji-San

sumber: google.com
Terletak di bilangan Shibuya dan jaraknya sekitar 350 meter atau lima menit berjalan kaki dari Stasiun Shibuya. Restoran ini juga memasang label we serve halal food di pintu kaca. Memang tidak terdapat papan nama besar sehingga kita perlu jeli mencari nama restoran dalam huruf romawi di pintu kaca itu. Ragam menu halal yang ditawarkan cukup bervariasi. Sebagai pembuka, tiram segar yang diberi perasan jeruk lemon terasa sedap. Untuk makan beramai-ramai, satu set oden complete is great choice. Ada pula hidangan telur goreng atau tamagoyaki khas Jepang. Kemudian ada juga aneka gorengan hati dan daging ayam. Ramen halal dengan kuah merah yang tak terlalu pedas menjadi hidangan yang memuaskan lidah dan perut. Alamatnya di Sakura Building B1, 3-22, Sakuragaoka. Shibuya-ku, Tokyo. Telepon +81-3-3496-7777.

2. Sekai Café 
sumber: google.com

Café dengan menu makanan fushion ini berada di daerah Asakusa, dekat Senso-ji dan Kuil Asakusa. Dari kuil jaraknya sekitar 500 meter atau 10 menit berjalan kaki. Untuk kaum muslim, Sekai Café menyediakan daging selain babi dan alkohol. Vegetarian juga dapat menikmati makanan dari sayuran, bahkan gula yang digunakan di Café ini berasal dari tanaman. Beragam hidangan utama dengan harga ¥ 1000 disajikan di restoran tersebut. Mulai dari pizza, sayuran, salad, yakisoba, daging kambing hingga kare. Alamatnya di 1-18-8 Asakusa, Taito-ku, Tokyo. Telepon +81-3-6802-7300.

3. Gyumon
sumber: google.com
Tempat makan yakiniku halal ini cukup dekat dari Stasiun Shibuya yaitu sekitar 10 menit berjalan kaki dari sana. Letaknya di sebuah gang kecil samping sebuah gedung di perempatan besar. Karena itu, kedai yakiniku ini boleh dibilang cukup sulit ditemukan. Agat tidak tersesat, bisa menggunakan GPS lewat smartphone. Kedai kecil ini hanya memiiki dua meja dengan tempat duduk dan satu meja untuk duduk lesehan. Dengan kapasitas tempat duduk terbatas ini, di jam-jam makan terpaksa ada pelanggan yang harus menunggu pelanggan yang lebih dulu datang selesai makan. Paket menu yakiniku ini terdiri dari nasi, daging halal, sayuran, salad, dan minuman jus. Harganya lumayan mahal yaitu ¥ 4000 (lebih dari 400 ribu rupiah). Alamatnya di Chome-14-5 Shibuya, Shibuya-ku, Tokyo. Telepon +81-3-5469-2911.

4. Abankurest Itabashi Bulilding, 1-13-10, Itabashi, Itabashi-ku, Tokyo 173-0004. Telepon: 03-5943-5661. E-mail: baticromfood@yahoo.co.jp. Online shopping: http://baticrom.com.

5. Baharia (Erhan Candas) 2F, Hokuto Honsha Building, Yoyogi 2-14-3, Shibuya-ku, Tokyo 151-0053. Telepon: 03-3320-0340 (Closed on Thursday). E-mail: baharia@baharu.com. Online shopping: baharu.com.

6. Fuji Store/Halal Food Shop (Skumi & Widya). 2F, 2-9-15, Hyakunincho, Shinjuku-ku, Tokyo 169-0073. Telepon: 03-3366-8480.

Cukup sekian untuk info kali ini yang baru membahas restoran di sekitar Tokyo, insyaAllah jika penulis sudah mengunjungi Jepang pasti aku akan share lebih banyak dan lebih banyak lagi, doakan ya, hihi, aamiin. Semoga bermanfaat.

Sumber:
Rozabi, Izzur. 2014. Cahaya Allah di Negeri Sakura. Jogja: Diva Press.
Koran HaloJepang! Edisi Juli 2015/III.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More