Thursday, March 17, 2016

Jalan-jalan di Osaka

1. Osaka Aquarium Kaiyukan

snapjapan

Merupakan akuarium raksasa yang termasuk besar dan sangat mengesankan di Jepang. Anak-anak maupun orang dewasa dapat belajar pelbagai hal mengenai kehidupan di bawah  permukaan Samudra Pasifik dengan menyenangkan dengan harga tiket masuk ¥2.300 (sekitar Rp 250.000).
Sebenarnya arti “Kaiyukan” sendiri ialah bermain di paviliun laut, cukup beda ya, hoho. Tidak mengherankan karena lokasinya berada di Tempozan Harbor Village di tepi laut Osaka, satu wilayah dengan Tempozan Ferris Wheel, wahana kincir raksasa yang menyajikan keindahan pemandangan pencakar langit Osaka dari ketinggian 112,5 meter. Tempat itupun cukup dekat dengan Universal Studio.
Osaka Aquarium terdiri dari 15 akuarium, dan akuarium tempat ikan whale shark berenang adalah yang terbesar dan merupakan atraksi utama. Kolam raksasa ini memiliki panjang 34 meter dan kedalaman 9 meter serta berisi 5.400 ton air laut. Nah, untuk menampung air laut sebanyak itu diperlukan kaca akuarium istimewa yaitu kaca akrilik untuk akuarium bagian Samudra Pasifik yang tebalnya mencapai 30 cm dan berbobot total 10 ton. Di sana juga terdapat “bintang atraksi” wisata andalan Osaka lho. Ialah Yu-chan, whale shark betina yang panjangnya mencapai 4,88 meter dan berbobot kurang lebih satu ton. Menemani bintang utama, terdapat pula “dayang-dayang” antara lain ikan pari dan ikan hiu berkepala martil.

2. Universal Studio Osaka
travelkompas

Siapa yang tidak tahu Universal Studio Jepang? Rekreasi wisata menarik yang memiliki sebuah wahana ajaib dan sensasional yaitu Harry Potter Land. Oh ya, bahkan sang pengarang J.K. Rowling juga turut memsupervisi setiap detil pembangunan wahana ini lho.
Ketika memasuki gerbang Desa Hogsmeade di wahana itu, maka akan terlihat kereta api Hogwarts Express yang membawa Harry dan kawan-kawannya dari peron 9¾ stasiun King’s Cross London menuju sekolah sihir tersebut. Selain itu, deretan toko di Hogsmeade juga menarik hati. Seperti Zonko’s Joke Shop, menjual mainan yang dapat dipakai untuk mengerjai orang seperti extendable ear untuk menguping pembicaraan. Ada juga kedai butter beer dan rasanya mirip dengan root beer -minuman yang sering dinikmati Harry dan sahabatnya untuk menghangatkan diri di musim dingin. Dengan harga ¥1.100, minuman tersebut dapat dibeli bersama mug bertuliskan butter beer pula sebagai souvenir, apabila tanpa mug maka cukup membayar ¥600.
Ada juga permainan lain di dalam kastil Hogwarts, pengunjung akan menikmati wahana naik sapu terbang bersama Harry Potter. Mereka akan merasakan seolah naik ke awan, memandang kastil dari ketinggian lalu menukik turun dengan tajam seolah akan menabrak jembatan. Yang paling menakutkan adalah ketika bertemu dementor –makhluk mistis penghisap jiwa serta kenangan bahagia- di langit yang terasa dekat dan nyata. Petualangan tersebut berakhir dengan tepuk tangan Kepala Sekolah Dumbledore serta anak-anak lain.
dailymail
Selain itu terdapat pula wahana Hippogriff, hewan liar berkepala elang dan bertubuh kuda piaraan Hagrid. Di sana hewan terbang itu disulap menjadi roller coaster kecil yang cukup menantang adrenalin.

3. Abeno Harukas
abenoharukas.com
Sejatinya ini adalah nama sebuah gedung pencakar langit setinggi 300 meter yang digadang-gadang sebagai “tanda keberhasilan” Osaka menaklukkan Tokyo yang bangunan tertingginya hanyalah menara yaitu Tokyo Skytree meski mencapai 634 meter. Konon deskripsi yang membedakan antara “gedung” dan “menara” ini juga merefleksikan sengitnya persaingan antara detektif Heiji Hattori dari Osaka lalu Shinichi Kudou dari Tokyo. Mengingat setelah Tokyo memiliki Disneyland, Osaka menyusul membuat Universal Studio.
Terdapat pula stasiun, hotel, museum seni, hingga pusat perbelanjaan hingga observation deck di gedung kebanggaan Osaka ini. Pusat perbelanjaan Kintetsu di dalamnya merupaka yang terbesar di Jepang dengan luas 100.000 meter persegi. Wisatawan juga dapat naik melihat seantero kota dari observation deck di tiga lantai teratas yaitu lantai 58 sampai lantai 60. Lantai tersebut dapat dicapai dengan elevator dari lantai 16 setelah sebelumnya membayar tiket seharga ¥1.500 (sekitar Rp 150.00).
Abeno Harukas merupakan landmark baru bagi kota yang kondang dengan makanan lezat itu mampu menyajikan keindahan dari atap di mana tersedia helipad atau tempat pendaratan helikopter. Di sana pengunjung dapat merasakan sensasi menapakkan kaki 300 meter di atas permukaan tanah. Namun perlu akses khusus siapa sajakah yang boleh naik ke area itu di mana kerlap-kerlip kota saat senja tiba sungguh menawan. Dan apabila cuaca cerah, cukup banyak yang bisa dilihat dari ketinggian, misalnya Menara Kyoto.

Cukup sekian jalan-jalan singkat tapi padat ini, hehe. Jadi sekarang minasan tahu dong tempat wisata menarik selain di ibukota Jepang yaitu Tokyo karena Osaka juga tidak kalah populernya. :)

Mohon kritik dan sarannya juga ya minasan?^^

Semoga bermanfaat! :D


Sumber: Koran HaloJepang! Edisi Oktober 2014, April dan Desember 2015

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More